Selasa, 03 Maret 2015

Silaturahmi Hermenitika



SILATURAHMI HERMENITIKA

Refleksi perkuliahan pengembangan learning trajectory di SD pada pertemuan kedua hari Rabu, 17 Februari 2015

Satu minggu berllau dengan cepat, hari rabu pukul 07.00 pun kembali datang. Perkuliahan dengan Prof. Marsigit kembali dimulai. Rabu, 18 Februari 2015 sebelum pembelajaran dimulai para mahasiswa pascasarjana dengan spontan menyatukan dua meja dosen dan menata kursi mengelilinginya.
Perkuliahan ini dimulai dengan penjelasan Prof mengenai mahasiswa kelas Praktisi yang sebagian besar telah memberikan komentar atau telah beraktivitas di blog beliau. Selain itu beliau juga memberikan tugas kepada mahasiswa pascasarjana jurusan pendidikan dasar konsentrasi Praktisi guru kelas agar membuat blog. Selanjutnya, mahasiswa diminta untuk membuat ringkasan mengenai perkuliahan pertemuan pertama dan kedua, minimal 1 halaman boleh lebih, di print out dan juga di posting di blog masing-masing. Blog mahasiswa diisi dengan nama asli mahasiswa dan juga dipajang foto resmi mahasiswa. Perkuliahan pada pertemuan kedua ini dimulai dengan mereview kembali pertemuan pertama lalu melanjutkan materi mengenai Hermenitika Hidup.
Selanjutnya pemkuliahan melanjutkan pembelajaran minggu sebelumnya yaitu tentang Hermenitika Hidup. Sebenarnya apa itu Hermenitika Hidup?
Hermenitika merupakan interaksi dari apa yang dipikirkan, ada interaksi antara berbagai hal. Unsur kehidupan dalam Hermenitika antara lain :

1.   Kehidupan berbentuk lingkaran (siklik)



ð      berputar terus dan bertemu lagi
ð    Misalnya jika minggu ini ada hari rabu, pasti minggu depan akan ada hari rabu lagi. Dan itu pasti

2.  Kehidupan berbentuk garis lurus
ð kehidupan dalam konteks ini berbentuk garis lurus dan tidak akan bertemu lagi. Disebut juga siklik maju.
ð Misalnya hari ini rabu tanggal 18 februari 2015 hanya akan terjadi pada hari ini, dan hanya sekali saja. Lain waktu tidak akan ada lagi hari rabu yang bertepatan tanggal 18 februari 2015.
3.  Kehidupan berbentuk spiral

Dalam kehidupan diceritakan akan ada dua hal yang tidak mungkin disatukan yaitu ada yang berada di atas ada juga yang dibawah. Selalu ada pasanganya.
Misalnya ada kelompok atas, dan ada kelompok bawah.

Atas : langit, guru, jogja, doa, berfikir,cita-sita,takdir, definisi, matematika sebagai ilmu

Bawah : bumi, siswa, banyumas, usaha,   fakta, usaha, ikhtiar, contoh  pelajaran, matematika sebagai kegiatan

Kelompok atas disebut kelompok fatal, dan kelompok bawah disebut sebagai vital. Dari bentuk spiral ini diketahuai bahwa sebuah hidup harus selalu ada silaturahmi agar terjalin kehidupan yang baik.

4.  Firman Tuhan

Dari semua unsur kehidupan dalam Hermenitika ini, ada Firman Tuhan yang akan selalu abadi dan diatas segalanya. Semakin ke atas semakin ringan.


Kesimpulan :
Hermenitika adalah kegiatan menerjemahkan dan diterjemahkan.
Hermenitika adalah silaturahmi
Hermenitika dalam pengertian intuitif : Tak terdefinisikan
Pengertian intuitif : ada di bumi, di antara bumi dan langit, di langit
Dasar pengertian intuitif adalah pengalaman dengan bentuk intuisi adalah gunung.
                                                   
 

    Anak kecil harus dilatih dalam mengenal matematika dengan menggunakan matematika konkrit agar nuraninya tidak mati atau hilang. Karena jika dari awal anak sudah diajarkan dengan matematika formal, maka anak akan kehilangan nuraninya. Dan sebagian besar guru jaman sekarang menggunakan matematika formal sejak awal untuk menjelaskan matematika kepada siswanya, sehingga banyak siswa yang mengatakan jika matematika itu sulit, memusingkan, dan membingungkan.
Dengan mengikuti perkuliahan Learning Trajectory diharapakan mahasiswa akan mampu mengetahui cara berpikir siswa, dan memahami bagaimana siswa belajar. Dan juga mahasiswa akan belajar mengenai Teaching Trajectory untuk mengetahui bagaimana guru sebaiknya mengaplikasikan materi yang ada agar sesuai dengan cara berfikir siswa dan bagaimana guru harus berfikir dengan matang.
Belajar merupakan membangun hidup, membangun pengalaman, membangun intuitif atau pengalaman.
Perkuliahan hari ini ditutup dengan latihan tes, yang dikerjakan secara singkat dan cepat sebanyak 50 butir soal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar